Jumat, 04 Mei 2012

Wow! Ariel Peterpan Desain Galeri Karya Napi Milik Kemenkum HAM


Bandung Ariel mantan personel Peterpan sedang mengikuti asimilisi dengan bekerja di sebuah perusahaan arsitek di Bandung. Ariel pun mendesain sebuah galeri pameran karya narapidana (napi) milik Kemenkum HAM di Bandung.

Galeri yang didesain pria lulusan Unpar Bandung itu terletak di Jl Jakarta No 27, Bandung, Jawa Barat. Galeri tersebut diresmikan oleh Menkum HAM Amir Syamsuddin, Jumat (4/5/2012) di Jl Jakarta No 27, Bandung. Acara tersebut dihadiri Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.

Galeri seluas 3x3 meter dan 6x6 meter itu bersebelahan dengan Lapas Kebon Waru, tempat Ariel menjalani hukuman selama 3,5 tahun penjara karena kasus pornografi. Konsep galeri tersebut minimalis modern dan berwarna putih.

Di galeri tersebut, Ariel bahkan sempat satu meja dengan Amir. Ariel mengenakan kaos putih dipadu kemeja merah kotak-kotak. Sementara Amir mengenakan safari abu-abu. Keduanya terlihat berbincang-bincang santai.

Ariel bahkan sempat menyanyikan satu buah lagu berjudul 'Dara' di depan Amir dan ratusan tamu undangan. Ariel menyanyi diiringi band dari Lapas Kebon Waru.

Setelah Ariel, Amir pun juga menyumbangkan sebuah lagu. Namun pertemuan antara Ariel dan Amir tidak terlalu lama. Amir lalu meninjau LP Wanita Sukamiskin sedangkan Ariel langsung pulang ke Lapas Kebon Waru.

Sementara itu, karya napi yang dipamerkan di galeri tersebut antara lain lukisan kapal, replika kapal di dalam botol, kursi rotan, tempat tidur dari kayu, meja akuriam dari kaca, pakaian boneka, dan replika kapal uap dari besi.

Nantinya karya itu akan dijual dengan harga antara Rp 10 ribu hingga Rp 300 ribu. Masyarakat umum boleh datang untuk melihat karya napi tersebut.

Menteri Amir mengatakan akan meminta Dirjen HAKI memberikan perlindungan berupa hak cipta pada karya napi.

"Desain-desain hak cipta mereka sangat layak dilindungi. Karena kalau ada pihak ketiga ingin bermitra sepanjang hak cipta diberi perlindungan saya kira tidak masalah," kata Amir.

Ariel menjalani masa asimilasi setelah menjalani setengah masa tahanan. Mantan kekasih artis Luna Maya itu akan menghirup udara bebas Juli 2012 mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar