Sabtu, 03 Desember 2011

Dahlan Iskan Mau Jualan e-Toll Card Asal Ditemani Luna Maya

Jakarta - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengaku siap memasarkan produk e-toll card yang nantinya akan bernama e-toll pass keluaran Bank Mandiri. Syaratnya, Dahlan harus ditemani artis cantik Luna Maya.

"Saya bersedia dan merekomendasikan untuk direkrut Bank Mandiri untuk jualan e-toll pass di gardu-gardu didampingi oleh Luna Maya," ujar Dahlan berkelakar disambut tawa para hadiri.

Candaan Dahlan itu disampaikannya saat soft launching e-toll pass di Plaza Bank Mandiri, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (30/11/2011).

Selanjutnya, Dahlan berbicara serius mengenai kartu pintar ini. Menurut Dahlan, e-toll card ini sangat penting untuk kalangan masyarakat Jakarta yang sering menggunakan jalan tol.

"Saya pernah terpaksa membayari mobil yang di depan saya karena dia tak pakai e-toll card, jadi biar cepat. Logika yang harus kita pakai adalah, pertama orang mau bayar kok sulit. Lalu kedua masuk jalan tol mau cepat kok malah jadi lama," tutur mantan Dirut PLN itu.

Kedua logika tersebut bisa diselesaikan dengan produk e-toll pass ini. Sebenarnya produk e-toll card sudah ada sejak 2006, namun sekarang dimodifikasi dengan e-toll pass.

Lewat e-toll pass, pengemudi tidak perlu menghentikan kendaraan untuk melakukan transaksi tetapi cukup melintasi gerbang tol dengan kecepatan 10 km/jam. Setelah terdengar bunyi 'bip-bip' di perangkat on board unit (OBU) yang terpasang di kaca depan, palang pintu gardu tol pun akan terbuka dan transaksi selesai.

Produk e-toll pass ini diluncurkan oleh Bank Mandiri lewat kerjasama dengan operator jalan tol. Dahlan meminta Bank Mandiri membuat target pengguna e-toll pass ini.

"Kalau Bank Mandiri tidak bisa capai target, maka Bank Mandiri bisa bekerja sama dengan bank-bank lain," ujar Dahlan yang tetap setia mengenakan sepatu kets dalam acara tersebut.

Bank Mandiri bersama Jasa Marga dan operator tol lainnya, mulai tanggal 1 Desember 2011 menambah ruas tol yang dapat menerima e-Toll Card sehingga mencapai 9 ruas tol terdiri dari 118 gerbang (482 gardu tol). Dengan demikian ruas e-Toll Card akan meliputi ruas tol Dalam Kota Jakarta dan Bandara Soekarno Hatta, Cikupa-Merak, JORR (Gerbang Rorotan–Pondok Ranji), JLB-W1 (Jakarta Lingkar Barat Satu), Bogor Outer Ring Road, Jakarta–Cikampek (Gerbang Pondok Gede–Cikarang) dan Jagorawi (Gerbang Taman Mini–Cibubur).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar